Lompat ke isi utama

Berita

Melalui Tim Fasiltasi Bawaslu Bolmut Awasi Klarifikasi Dokumen Bakal Pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati Kab. Bolmut

Tampak Tim Fasilitas melaksanakan Pengawasan Klarifikasi Dokumen Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Tampak Tim Fasilitas melaksanakan Pengawasan Klarifikasi Dokumen Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Bolmut-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui Tim Fasilitasi lakukan pengawasan langsung dengan memastikan transparansi dan kejelasan proses pemilihan, khususnya terkait dengan persyaratan administrasi bagi bakal calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan klarifikasi yang di laksanakan oleh KPU Kab. Bolmut (02-04 September 2024)

Plt. Bawaslu Bolmut Rizki Posangi, SH, Anggota Bawaslu Bolmut Feybe V Rugian, SP, Koordinator Sekretariat Adriyanto Dupa, SKM,M.SI bersama staf sekretariat Bawaslu, melakukan klarifikasi dan peninjauan langsung ke beberapa Daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek dan memastikan keabsahan dari dokumen yang disampaikan oleh bakal calon serta memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat.

Kegiatan pengawasan klarifikasi ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara untuk mendukung terciptanya pemilihan yang bersih, adil, dan demokratis. Dalam proses ini, Rizki Posangi bersama tim Bawaslu melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terlibat sebab syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh calon kepala daerah.

“Melalui klarifikasi ini, kami ingin memastikan bahwa semua bakal calon memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang. Transparansi dalam pemilihan adalah salah satu kunci untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi,” ujar Rizki

Tampak Tim Fasilitas melaksanakan Pengawasan Klarifikasi Dokumen Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Anggota Bawaslu Bolmut Feybe V Rugian juga menambahkan, bahwa proses klarifikasi ini bukan hanya sekedar formalitas, tetapi merupakan langkah konkret dalam menjaga integritas pemilu. Dengan adanya kolaborasi antara Bawaslu dan institusi pendidikan tinggi,Pengadilan dan lembaga-lembaga terkait diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan percaya terhadap proses yang berlangsung, serta hasil yang akan ditentukan nantinya.

Selain itu, Feybe menjelaskan bahwa Bawaslu Bolmut tidak hanya berfokus pada persyaratan administrasi, tetapi juga akan melakukan pengawasan terhadap tahapan-tahapan pemilihan lainnya. Hal ini adalah komitmen Bawaslu untuk menciptakan iklim Pilkada yang sehat dan partisipatif. "Kami ingin semua pihak merasa terlibat dan memiliki kesempatan yang sama dalam proses ini," tambahnya.

Pengawasan Klarifikasi terdapat di beberapa daerah yaitu :
1. KPPN Gorontalo
2. Universitas Negeri Gorontalo
3. Universitas Sam Ratulagi
4. Pengadilan Negeri Manado
5. SMA Negeri 3 Manado
6. Pengadilan Negeri Kotamobagu Kelas IB
7. KPPN Kotamobagu
8. SMA Negeri 3 Kotamobagu
9. Paket C / Kelompok Belajar SMA 1 Kotamobagu
10. SPG Kotamboagu
11. Surat Pengadilan Niaga, Pengadilan Negeri Makassar 
12. KPK RI
13. Universitas Negeri Jakarta

Dalam konteks pemilihan serentak 2024, Bawaslu Bolmut mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam mengawasi jalannya pemilihan. Keterlibatan masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa pemilu berjalan dengan baik dan semua pihak dapat saling mengawasi. “Kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif, jika ada informasi ataupun kecurangan yang terjadi, segera laporkan kepada kami sehingga kami dapat menindaklanjuti,” tegas Feybe.

Tampak Tim Fasilitas melaksanakan Pengawasan Klarifikasi Dokumen Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Koordinator Bawaslu Bolmut Adriyanto Dupa, SKM, M.SI menyampaikan engan dilakukannya klarifikasi ini, diharapkan masyarakat khususnya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat lebih memahami proses seleksi bakal calon bupati dan wakil bupati. Kejelasan informasi dan transparansi dalam persyaratan administratif merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memastikan bahwa pemilihan ini dapat diikuti oleh calon yang benar-benar berkualitas.

Dengan langkah-langkah yang telah diambil oleh Bawaslu Bolmut, diharapkan akan tercipta suasana pemilihan yang lebih baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi. Mari kita bersama-sama menjaga integritas pemilu, demi masa depan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang lebih baik. (Humas)