Uncategorized

Tahapan Pemilu 2024 Sudah Dimulai, Bawaslu Bolmut Gelar Apel Siaga Pengawasan

BOROKO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menggelar apel siaga pengawasan pemilu, di kantor Bawaslu Bolmut, Selasa 14 Juni 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai persiapan menghadapi pemilu 2024 yang tahapnya sudah dimulai.

Apel siaga dipimpin langsung ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh, S.Pd dan diikuti anggota, kepala sekretariat dan seluruh pegawai di lingkungan Bawaslu Bolmut.

Ketua Bawasu Kab. Bolmut, Irianto mengatakan tahapan pemilu 2024 secara resmi telah dimulai, Maka seluruh jajaran pengawas pemilu diBawaslu Bolmut  pun mulai menaruh focus aktivitas untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pemilu 2024.

“Komisi Pemilihan Umum secara resmi telah memulai pelaksanaan tahapan pemilu 2024 pada hari ini, Selasa 14 juni 2022. Artinya seluruh pengawas pemilu di lembaga Bawaslu Bolmut pun mulai fokus untuk mengawasi setiap tahapan yang sudah mulai dilaksanakan,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa catatan yang berisi evaluasi atas pelaksanaan pengawasan Pemilu 2019 yang secara intensif telah dikaji, dapat dijadikan sebagai sumber empirik bagaimana menerapkan metode pengawasan yang tepat untuk pemilu 2024.

Irianto pun mengamanatkan kepada peserta apel siaga agar bekerja optimal untuk menguatkan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan yang dimiliki oleh Bawaslu Bolmut. “Kita secara intensif telah mengkaji catatan-catatan evaluasi pemilu 2019 yang lalu, itu pengalaman berharga, sumber empiris, jadikan salah satu acuan mengawasi tahapan pemilu 2024. Seluruh jajaran di Bawaslu Bolmut harus bekerja keras agar fungsi Bawaslu semakin kuat,” tuturnya.

Sebagai informasi, apel siaga pengawasan Pemilu 2024 yang dimulai secara serentak se-Indonesia pada pukul 08.00 WIB ini, digelar dengan menggunakan dua metode.

Pertama, dalam jaringan, terpusat di Bawaslu RI dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube agar dapat disaksikan oleh masyarakat umum.

Kedua, luar jaringan, diselenggarakan secara otonom oleh seluruh lembaga pengawas pemilu pada setiap tingkatan mulai dari Bawaslu Republik Indonesia, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia di kantor masing-masing.***

Humas Bawaslu Bolmut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *